Nama Kajari Kota Probolinggo dicatut untuk Modus Penipuan

Akhir-akhir ini modus penipuan yang mengatasnamakan Pejabat semakin marak. Kali ini Nama Kepala Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, Hartono, menjadi sasaran para penipu dicatut oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sasaran penipuan kali ini ialah Kepala Sekolah SMPN 7 Kota Probolinggo.
“Pelaku menghubungi Pihak TU, mengaku Kajari Kota Probolinggo, mencari saya dengan meninggalkan nomor HP 081213076768”, ujar Kepala SMPN 7 Kota Probolinggo. Setelah dikonfirmasi langsung ke pihak Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo, ternyata hal demikian merupakan modus penipuan.

Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen, Benny Bryandono, berpesan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih berhati-hati dan tidak mudah tertipu, serta melakukan cek dan ricek kepada instansi terkait apabila mengalami hal-hal yang sekiranya patut dicurigai. Memang dengan adanya perkembangan teknologi informasi melalui sosial media memungkinkan para pelaku kejahatan memanfaatkan media tersebut sebagai sarana dalam melakukan kejahatan. “Jangan ragu untuk melaporkan kepada kami apabila ada seseorang yang mengaku-ngaku pegawai Kejaksaan dengan meminta-minta sejumlah uang”, tutup Benny.

Selain Kajari, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin, mengalami hal serupa. Guna meyakinkan calon korbannya, pelaku mencatut nama dan foto profil pejabat tersebut, dan meminta ditransfer sejumlah uang.

Mengantisipasi agar tidak timbul korban lainnya, Kejari Kota Probolinggo dan Pemkot Probolinggo memberikan informasi serta himbauan kepada masyarakat melalui media sosial agar tidak tertipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Related posts